INOVASI SEFTICTANK DARI BAN BEKAS ALA NUSANTARA SEHAT

MENGENAL DESA UBOL ALUNG LEBIH DEKAT

Desa Ubol Alung merupakan salah satu desa binaan dari tim Nusantara Sehat sejak mulai bertugas di kecamatan Lumbis Ogong awl oktober 2015 silam dan pada program kerja dari tim Nusantara sehat melalui obsevasi, kususnya di kalangan masyarakat desa ubol alung mulai dari rumah ke rumah nampaknya banyak persoalan kesehatan yang harus dituntaskan, salah satunya dari persoalan kesehatan di desa ubol alung yang perlu di ubah yaitu kebiasaan warga buang air besar bukan pada tempatnya. Dalam diskusi bersama Tim Nusantara sehat bahwasannya perlu ada ide dan gagasan bagaimana masyarakat desa ubol Alung melakukan aktivitas buang air besar pada tempatnya, agar terhindar dari dampak buang air besar sembarangan.

 

Melalui rapat koordinasi di kantor kepala desa ubol Alung bersama Tim Nusantara Sehat dan pimpinan Puskesmas Lumbis Ogong menghasilkan beberapa gagasan tentang bagaimana masyarakat tidak buang air besar sembarangan. dr Iksan Budi selaku ketua Tim Nusantara Sehat menjelaskan bahwa buang air besar sembaragan dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan, untuk menghidari dari dampak buang air besar sembarangan tersebut maka masyarakat harus membuang air besar pada tempatnya seperti WC atau jamban keluarga. Na persoalan yang kami lihat di desa ubol alung melalui survei kami, bahwa masi banyak warga desa yang belum mempunyai jamban keluarga. Memang untuk membuat sebuah jamban keluarga membutuhkan biaya yang lumayan besar, untuk memangkas biaya tersebut kami menawarkan program jamban keluarga yang murah dan terjangkau. Dimana bahan seftictank nya terbuat dari bahan bekas berupah ban bekas, serabut kelapa, untuk tutupan atasnya menggunakan papan sehabis itu kita akan cor ini pun tidak banyak menggunakan semen paling banyak satu sak saja dalam satu kali pembuatan seftytank. Yang perlu kita cari jalan keluarnya bagaimana bisa kita mendapatkan bahan bahan seperti Semen, kloseet,pipa dan bahan bahan lainnya na ini yang kita bicarakan ungkap dr.Iksan Budi.

 

 

Kepala desa Ubol alung dalam sambutannya sangat mengapresiasikan program desa ubol alung bebas dari buang air besar sembarangan tersebut, melalui satu rumah satu jamban keluarga. Muriono dalam sambutannya bahwasannya dalam APBDES tahun 2017 ini pemerintah desa akan memasukan program jamban keluarga. Bagi keluarga yang belum mempuyai jamban keluarga pemerintah desa ubol alung akan memberikan subsidi ( bantuan) berupa kloset, semen dan pipa. untuk pembuatan jamban keluarga tersebut saya mengharapkan masyarakat bisa bergotong royong dalam pembuatan jamban keluarga karna Pemerintah Desa hanya mampu menyediakan bahan bahan tersebut. Lebih lanjut dalam sambutannya bahwa saya mewakili masyarakat desa ubol alung sangat mengahrapkan sekali kepada Nusantara sehat agar kiranya tak hentinya hentinya memberikan penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat kami.

@jusipbakulit

 

 

 

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan